Jumat, 25 November 2011

Cara Membuat Menu di Blog

Menu blog merupakan navigasi yang digunakan untuk mempermudah pengunjung untuk mencari artikel yang dia cari. Untuk mendesain menu pada blog kita harus menyesuaikan dengan template blog kita, pada dasarnya menu pada blog terbagi dua yaitu menu horizontal dan menu vertikal. Menu horizontal pada blog pada dasarnya diletakkan melintan dibawah header namun terkadang ada juga yang meletakkannya diatas footer. Sedangakn menu vertikal biasanya diletakkan pada sidebar kiri atau kanan.
Blogspot pada dasarnya tidak menyediakan pengaturan yang memungkinkan untuk dimodifikasi, namun blogspot merupakan open source yang bisa dirubah menurut keinginan blogger. Terbukanya blog akan sangat menguntungkan blogger untuk bisa memodifikas blog masing-masing.
Pada artikel ini Blogger Tutorial akan menjelaskan cara membuat menu profesional pada blog dengan menggunakan Css menu generator untuk membuatnya buka www.mycssmenu.com

Pilih salah satu menu, baik itu horizontal maupun vertikal, dibawah ini adalah salah satu contoh menu horizontal, dan pilih Costumize jika sudah mendapakan menu yang anda cari.


Setelah itu anda akan dibawa ke tab halaman lain, Tips 1#  adalah petunjuk dan sambutan selamat datang bagi anda. Jika ingin membaca tips dan trik sebelum memulainya anda bisa langsung menekan tombol Next, atau close jika anda sudah mengerti dan langsung mulai cara membuat menu css di blog anda.

Tahapan selanjutnya adalah, anda akan dihadapkan dengan dua kolom interface, sebelah kiri adalah Css styles yang berfungsi untuk merancang atau mendesain tampilan serta animasi css menu pada blog anda.  Sesuaikan warna dan jenis huruf serta animasi yang anda pakai.

Pada artikel ini kita mengambil contoh membuat menu horizontal, tahapan selanjutnya adalah membuat teks menu dengan cara merubah default dari Css menu. Untuk merubahnya, klik kanan dan pilih "Edit Text/URL" pada menu tersebut, tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


Pada bagian Text/URL ganti dengan teks menu kamu, biasanya diawali dengan menu "Home/Beranda" dan untuk URL ganti dengan alamat url blog yang kamu inginkan. Nah, untuk sub menu dibawah rubah dengan cara diatas, dan jika kamu tidak memerlukannya hapus "delete item" dan untuk menambah sub menu kamu tinggal pilih "Add sub menu".

Setelah merancang desain tersebut baik dari Css Styles dan interfacenya, pilih "save" pada menu bagian atas. Copy kode yang diberikan ke dalam notepad. Buka dashboard blog kamu --> Rancangan --> Tambah Gadget dan pilih HTML/Javascript, dan copykan kode tersebut ke dalamnya dan simpan. 

Catatan : Kode yang diberikan biasanya menampilkan copyright, namun itu terserah anda apakah ingin menghapus copyright tersebut untuk tampilan blog yang profesional, namun dosa ditanggung sendiri ya..^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface